Rabu, 20 April 2016

Belajar Untuk Tidak Menyerah! Pada keadaan!

Apa yang dikatakan banyak motivator terkadang ada benarnya juga. Walaupun ketika sedang mendengar beliau memotivasi, kita sering mengumpat dalam hati seperti ini 'ngomong mah gampang, ngelakuin yang susah..J*ncuk!'

Gue pernah mendengar di salah satu seminar kampus swasta di Pasar Minggu, motivator kenamaan Jakarta berkata 'Anda tidak belajar, itu tidak apa-apa. Tapi jika pikiran anda tidak mengikuti perkembangan zaman, anda akan tersingkir!'
...

Gue mau berbagi sedikit cerita yang menurut gue berhubungan dengan quote diatas, tentang StandUp Comedy. Salah satu komedi yang beberapa tahun kebelakang mulai menunjukan daya tariknya di kalangan anak muda kota.

Dua semester yang lalu, film ber-tajuk komedi sedang naik daun. Ada satu film yang semua pemain nya hampir StandUp Comedy-an. Dari yang sudah terkenal sampe yang gak amat-amat terkenal.

Gue sedikit seneng, karena film Indonesia gak diisi orang yang itu-itu aja. Ngebosenin.
Banyak senengnya, karena gue sebenernya suka sama StandUp Comedy, dan sekarang ada filmnya, yang dalam ekspetasi gue filmnya bakal lucu banget. Dari kata-per-kata sampai situasi nya. Apalagi diperankan langsung oleh para Komika (sebutan untuk pelaku Standup Comedy).


Logo Suci, Foto dari sini


Gue sebenernya mengikuti perjalanan standup comedy di Indonesia sejak Raditya Dika ngupload video youtube yang berisi dia ngomongin keburukan dirinya sendiri di depan orang banyak. Tentang ketinggian badan dia yang sama seperti anak Smp. Tentang penjabaran dari kegelisahan dia tentang orang pacaran. Dan tanpa disadari, gue ngakak, LOL Pokoknya!

Dari situ, sebenernya gue langsung ngikutin Raditya Dika di twitter yang dulu followersnya masih jarang, kayak jembut perawan.
Gue mulai tau kalo aksi dia di video itu namanya StandUp Comedy. Yaitu komedi tunggal yang menceritakan kegelisahan hati di depan umum dalam hal apapun. Dalam rangkaian set-up dan punchline. Yang kadang memperlihatkan keluguan dan cara pandang seseorang dalam melihat sesuatu.

Gue mulai cari komika-komika lokal untuk di tonton dan rajin nonton SUCI (Stand Up Comedy Indonesia) yaitu sebuah pencarian bakat komik di salah satu stasiun TV.

Sampe pada akhirnya, gue masuk ke jenjang kuliah dan bergabung dengan komunitas StandUp di kampus gue. Gue mulai belajar menjadi standup comedian. Belajar menulis materi-materi tentang kegelisahan. 'Jangan cari yang lucu, lu cari aja kegelisahan lu tentang dunia. Asal lu jujur, tinggal tambahin pemanis pasti orang akan ketawa' salah satu kalimat yang gue ingat saat itu, tapi gue lupa siapa yang mengatakannya.

Gue mulai nyoba openmic (ajang menguji materi komika) di cafe-cafe, dan dateng ke openmic-openmic komunitas. Macam-macam komik gue temuin. Ada komik yang lucu banget, ada juga komika yang saking ga lucu nya, pengen langsung calling PLN buat matiin listrik di tempat itu.

Sekali dua kali openmic, gue mulai mengenal komika sekitar. Dan makin hari gue mulai kenal dengan para wajah komika lokal. Baik dari video maupun jabat tangan. Saling sharing, adalah ritual penting dalam standup comedy. Yang akhirnya membuat solid para penggiat 'komedi sendiri' ini.

Gue setiap hari nulis materi. Coba bawain depan kaca, selipin di candaan ketika ngobrol, sampe open mic untuk melancarkan diri bicara di depan umum.
Semua gue lakuin karena untuk menjadi hobi baru aja, biar kuliah ga puyeng-puyeng amat.

Berhubung standup comedy gue belum menghasilkan duit akhirnya gue cari kerja untuk menunjang dompet gue supaya tetap dalam keadaan gizi baik.

Mungkin karena kuliah dan kerja, kegiatan standup pun mulai redup dari gue. Gue gapernah nulis blog maupun materi standup. Dan dunia pun damai-damai saja.

Makin kesini dan makin future. Gue semakin liat banyak komika di acara-acara tv dan film. Gue sangat merenung. Coba aja dulu gue terus belajar dan mengasah kemampuan standup, mungkin gue sudah ikut main film. Hehe ngimpi!

Sampe akhirnya gue sadar, gue ketinggalan jauh, sangat. Mungkin sudah tersingkir atau or mungkin maybe. ehe~

Kalo lo pada nanya gimana keahlian standup gue?
Standup gue juga masih dasar banget. Setiap standup kadang lucu, kadang ga lucu, kadang juga bikin orang mau 'calling' PLN untuk memadamkan lampu di daerah itu.


Baca juga: Tips Memilih Topi

Bagikan

Jangan lewatkan

Belajar Untuk Tidak Menyerah! Pada keadaan!
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
27 April 2016 pukul 10.19

Cie komik nih ye...

Yang penting mau belajar bang. Terima masukan. Dan semangat..

Stay connected sama komik lain

Reply

Komentar sangat dibutuhkan bagi seorang Blogger #FYI

Orang baik komentarnya akan baik; Orang buruk komentarnya akan buruk.

Terima kasih dan Terima apa adanya | ... ?

Beri komentar yang bersifat membangun yak :D #ThinkHIGH